Senin, 30 April 2012

Seragam Satpam dan Perlengkapannya

      Untuk seragam dalam dunia keamanan, selain tampilannya yang menarik juga ada beberapa seragam yang dilengkapi dengan aksesoris penunjang keamanan lainnya. Begitupun dengan seragam satpam, memiliki beberapa embel-embel pada beberapa bagian yang disesuaikan dengan pangkat jabatan masa kerja satpam. Tujuan dari adanya perlengkapan seragam satpam ini sebenarnya adalah terciptanya seragam yang mampu menambah kepercayaan diri dan menambah kekuatan mental dari penggunanya. Seragam satpam dan perlengkapannya, juga  sangat membantu masyarakat dalam melihat citra dan keadaan dari suatu lembaga organisasi. 

 
Desain dan Model Seragam Satpam
Pada desain dan model seragam satpam yang sering dijumpai melipti dua model dengan dunia warna yang berbeda sesuai dengan konteks pemakaiannya. Desain yang pertama adalah seragam satpam dengan kemeja atau atasan putih dan bawahan atau celana biru. Aksesoris yang melengkapi yaitu berupa topi Pet PDH warna biru dan hitam yang nyaman, dasi, dan penggunana sepatu hitam yang memberi kesan lebih formal dan netral.  Seragam satpam ini lebih sering digunakan pada saat berada di dalam ruangan atau pintu penjagaan suatu lembaga organisasi. Sesuai ketetapan peraturan KAPOLRI Pasal 26 dan 27 tentang seragam kerja yaitu seragam satpam, seragam digunakan sesuai di dalam konteks lingkungan kerjanya.
Desain dan model seragam satpam yang selanjutnya adalah seragam satpam untuk lingkunga kerja yang lebih sering pada kegiatan lapangan. Ciri yang menonjol adalah warna kemeja atau atasan yang berwarna biru tua yang berlengan panjang dan celana atau bawahan yang berwarna biru tua pula serta sepatu pantofel hitam yang formal. Seragamsatpam yang satu ini lebih simple, karena tempat untuk pemakaiannya lebih sering di luar ruangan. Selain lebih simple, seragam satpam yang satu ini menekankan pada kenyaman terutama saat berhubungan langsung dengan cuaca panas dan hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar